Laman

Sunday, May 10, 2015

How-Old.net, Layanan Pendeteksi Usia Milik Microsoft

Akhir-akhir ini sedang ramai mengenai layanan web yang bernama how-old.net, layanan ini dapat menebak usia. Hanya dengan mengunggah foto, secara otomatis aplikasi tersebut akan menebak berapa usia wajah orang yang ada di foto tersebut. Layanan ini cukup populer karena tengah ramai digunakan oleh Netizen.

Layanan ini diciptakan oleh Microsoft yang dapat menebak usia melalui sistem pengenal wajah. Walaupun layanan ini saat menganalisa wajah memang belum 100% akurat, tetapi tetap saja terasa menyenangkan untuk digunakan.

Untuk menggunakan layanan how-old.net juga terbilang mudah, cukup kunjungi situs tersebut, lalu pilih foto yang ingin dianalisa. Pengguna juga dapat memakai fungsi kamera untuk mengambil foto melalui kamera yang terpasang.

Namun sebelum menggunakan layanan tersebut ada baiknya pengguna memperhatikan ketentuan yang ditulis oleh Microsoft. Di situ tertulis bahwa, Microsoft boleh menggunakan seluruh foto yang telah dipublish untuk keperluan apa pun. Ini menegaskan bahwa raksasa sofware itu punya hak atas foto yang diunggah ke situs tersebut.

"Dengan memposting, mengunggah, memasukkan, memberikan atau mengirimkan submisi Anda, berarti Anda memberikan hak kepada Microsoft dan perusahaan afiliasinya untuk menerima sublisensi yang dibutuhkan," tulis ketentuan Microsoft.

Dalam ketentuan itu juga dijelaskan bahwa Microsoft berhak menyalin, mendistribusikan, melakukan reproduksi, bahkan mengedit seluruh foto yang sudah dikirimkan. Di sinilah ancaman privasi mulai muncul, seperti yang tertulis di situs consumerist.com.
Microsoft menanggapi hal tersebut. Bagi mereka, aturan tersebut memang sudah sepantasnya dibuat. Dan itu adalah aturan standar yang memang biasa digunakan oleh layanan sejenis.

"Aturan layanan tersebut memang benar. Pengembang bisa memilih bagaimana aplikasi tersebut bekerja, dan pembuat how-old.net memilih untuk tidak menyimpan atau mendistribusikan foto yang sudah dikirim pengguna," kata juru bicara Microsoft yang dikutip dari Mashable.

Sumber: Tech Bucket

No comments:

Post a Comment